Etika

Apa itu etika?

Etika adalah cabang dari studi filsafat yang membahas tentang apa harus dilakukan manusia. Etika menjawab pertanyaan,”Apa yang harus aku lakukan?”–Sebuah studi mengenai baik dan buruknya tindakan manusia. Pada level yang lebih fundamental, etika adalah metode dimana nilai-nilai dikategorisasikan dan bagaimana cara kita meraihnya. Bagaimana cara kita mencapai kebahagiaan, atau apakah kita mengorbankan diri demi sebab-sebab utama kita melakukannya? Apakah fondasi etika didasari pada teks-teks agama, atau pada sifat-sifat alami manusia, atau bukan keduanya?

Kenapa etika begitu penting?

Etika adalah syarat untuk kehidupan manusia. Etika menentukan makna bagaimana kita memilih dan melakukan sesuatu. Tanpanya, tindakan-tindakan kita menjadi acak dan tak bertujuan; tidak ada cara untuk melakukan sesuatu agar sampai tujuan karena tidak ada cara untuk memahaminya. Bahkan dengan standar etika yang dianut, kita mungkin tidak bisa meraih tujuan-tujuan dengan kemungkinan untuk berhasil. Untuk standar etika rasional yang diambil, kita mampu secara benar mengorganisir tujuan-tujuan dan tindakan untuk mencapai nilai-nilai yang dianggap penting oleh kita. Setiap kekeliruan dalam etika, akan mengurangi kemampuan kita untuk mencapai tujuan.

Apakah elemen-elemen kunci untuk meraih etika yang tepat?

Fondasi yang tepat untuk etika memerlukan standar nilai dimana seluruh tujuan dan tindakan dapat diperbandingan satu sama lain. Standar tersebut adalah kehidupan kita sendiri, dan kebahagiaan yang membuat kehidupan layak dihuni. Ini adalah standar utama dari nilai-nilai, dan tujuan dari etika manusia haruslah bernilai. Hal ini sampai kepada usaha memahami kebutuhan-kebutuhan manusia serta sifat-sifatnya. Sebuah sistem etika harus kemudian terdiri bukan hanya dari situasi darurat, tetapi juga dari pilihan dalam hidup keseharian yang kita lakukan secara langsung. Harus terdiri dari hubungan kita dengan yang lainnya, dan mengakui betapa pentingnya mereka bukan hanya untuk kebutuhan fisik, tetapi juga untuk hal-hal universal seperti kesejahteraan dan kebahagiaan.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s