Metafisika

Apa itu “metafisika”?

Metafisika adalah cabang filsafat yang membahas persoalan eksistensi, sehingga ia menjadi dasar dari sebuah pandangan dunia.Metafisika menjawab pertanyaan “Apa?”–meliputi segala sesuatu yang eksis, serta sifat eksistensi itu sendiri. Metafisika bertanya apakah dunia ini nyata, atau hanya ilusi.

Kenapa metafisika itu penting?

Metafisika adalah fondasi filsafat. Tanpa sebuah penjelasan atau interpretasi atas dunia di sekitar kita, kita tidak akan berdaya untuk menghadapi kenyataan. Kita tidak bisa memberi makna pada diri kita sendiri, atau bertindak untuk melestarikan kehidupan kita. Sejauh mana pandangan dunia metafisika kita dianggap benar adalah sejauh mana kita mampu memahami dunia, dan bertindak sesuai dengan apa yang kita pahami. Tanpa dasar yang kuat ini, semua pengetahuan menjadi cacat. Setiap cacat yang ada dalam pandangan kita tentang realitas akan membuat hidup lebih sulit.

Apa elemen kunci dari metafisika rasional?

Realitas itu bersifat mutlak. Ia memiliki sifat khusus yang independen dari pikiran atau perasaan kita. Dunia di sekitar kita adalah nyata. Ia mempunyai sifat tertentu dan harus konsisten dengan sifat tersebut. Sebuah pandangan dunia metafisika yang tepat mesti bertujuan untuk memahami realitas dengan benar.

Dunia fisik ada, dan setiap entitas memiliki sifat tertentu. Setiap entitas tersebut bergerak sesuai dengan sifat-sifatnya. Ketika entitas yang berbeda berinteraksi, mereka melakukannya sesuai dengan sifat dari keduanya. Setiap tindakan memiliki sebab dan akibat. Kausalitas adalah sarana yang menjadikan perubahan, tetapi perubahan terjadi melalui sifat tertentu.

by Hendra Januar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s